Sosok Siapa yang Ada di Google Doodle Hari ini? Yuk Cari Tau

Google Doodle tepat pada 6 Maret 2018 ini kembali rayakan ulang tahun sesosok pria. Pria ini bernama Gabriel García Márquez’s, Gabriel berdiri di depan bersama seoarang wanita dengan nuansa tumbuh-tumbuhan, kereta, dan kupu-kupu serta ikan di belakang yang menghiasi tulisan Google.

Gabriel lahir pada 6 Maret 1927 di Aracataca, Kolombia. Gabriel meninggal dunia pada 17 April 2014 di umurnya yang ke-87 tahun di Meksiko. Dia adalah lulusan dari Universitas Cartagena.

Gabriel sendiri adalah seoarang Novelis, Jurnalis sekaligus Aktivis Kolombia. Gabriel pernah menerima penghargaan Nobel Sastra pada tahun 1982. Karena karya-karya tulisannya itulah membawanya menerima penghargaan itu.

Gabriel sendiri sudah menulis 25 buku dengan nuansa realisme magis. Karena karya tulisannya mampu membawa pembacanya ke nuansa realisme magis dengan menyatuhkan cerita nyata dan gaib dengan menggunakan bahasa Spanyol.

7 Karya Novel Gabriel García Márquez’s


1. In Evil Hour (1962)

Novel karya pertama dari Gabriel ini di tulis pada tahun 1962. awalnya novel ini berjudul Este pueblo de mierda (Kota Sialan atau Kota Shitty ini). Lalu ditulis ulang dan di terbitkan pada tahun itu juga. Dalam bahasa Spanyol.

Novel ini menceritakan tentang sebuah desa Kolombia yang tidak bernama. Dimana seseorang telah menempatkan pasquinades satiris tentang kota tersebut, yang menguraikan rahasia memalukan penduduk setempat.

Dan pada tahun 1979 buku hasil karya Gabriel ini kembali di terbitkan dalam bahasa inggris.

2. One Hundred Years of Solitude (1967)

Dan selanjutnya pada tahun 1967 Gabriel kembali menulis novel yang berjudul One Hundred Years of Solitude. Novel ini menceritakan kisah tujuh generasi Keluarga Buendía di kota Macondo.

Dimana ceritanya mengisahkan gipsi kenabian pada seoarang pasangan yang melanggar adat desa tersebut. Buku ini terbilang laris dan membuta Gabriel tenar pada masanya.

Dan pada tahun 1970 novel ini kembali di terbitkan dalam bahasa inggris. Yang di terjemahakan oleh Gregory Rabassa dan di terbitkan oleh Harper & Row (AS) dan Jonathan Cape (Inggris).

3. The Autumn of the Patriarch (1975)

Buku ini ditulis dalam paragraf panjang dengan kalimat panjang. Dimana ini adalah pikiran umum yang disampaikan kepada pembaca melalui kalimat-kalimat yang berkelok-kelok.

Novel ini kembali menceritakan tentang kekuasaan pada pemerintahan. Dimana pada saat itu menandai korupsi dan penurunan penindasan beberapa kediktatoran Amerika Latin yang paling menonjol.

4. Chronicle of a Death Foretold (1981)

Dan selanjutnya ada buku yang berjudul Chronicle of a Death Foretold buku ini menceritakan kisah seoarang pasangan suami istri yang baru menikah lalu menolak sang wanita karena sang pria menganggap pasangannya tidak murnih menjaga keperawanannya.

Kisah ini pun terbilang tragis dengan adanya pembunuhan, yang dilakukan oleh kedua kakak perempuan dari wanita ini. Dimana ia membunuh mantang kekasih dari sang wanita karena masih nekad melakukan hubungan terlarang.

Hal ini di lakukan oleh kedua kakak perempuan sang wanita untuk menjaga kehormatan. Kisah nyata yang di tulis kedalam buku oleh Gabriel ini terjadi pada tahun 1951.

5. Love in the Time of Cholera (1985)

Buku ini kembali menceritakan kisah nyata dari sebuah hubungan yang sangat mengharukan. Dimana ada seoarang pria dan wanita yang menjalin asmara namun tidak mendapatkan restu dari orang tua si wanita.

Wanita tersebut di ajak pindah ke sebuah kota lain untuk memutuskan hubungan asmara keduanya. Lalu sang wanita di bujuk untuk menikah dengan pria pilihan orang tuanya.

Dan terpaksa sang wanita menikah dengan pilihan orang tuanya, namun tetap berjanji akan mempertahankan kestian dan hubungannya kepada sang kekasih meski sudah menikah.

Dan setelah bertahun-tahun sang wanita hidup dengan pria pilihan orang tuanya hingga usia kedua pasangan yang di jodoh kan ini pun sudah tua, dan pada suatu ketika suaminya meninggal karena jatuh dari tangga.

Kemudian hubungan asmara yang sempat terputus kini kembali di jalin oleh keduanya.

6. The General in his Labyrinth (1989)

Dan pada tahun 1989 Gabriel kembali menulis buku yang berjudul The General in his Labyrinth. Yang menceritakan kisah seoarang jendral.

Ini adalah kisah seoarang jendral yang membebaskan Kolombia dari Spanyol pada awal abad ke-19. Namun, pada awal terbit novel karya Gabriel ini sempat memicuh kemarahan berbagi pihak di Amerika Selatan.

7. Of Love and Other Demons (1994)

Dan yang ke-7 ada novel yang berjudul Of Love and Other Demons yang menceritakan seoarang gadis kecil berusia 12 tahun yang di gigit oleh anjing gila, lalu memiliki hubungan asmara dengan pastor.

Gabriel sendiri mengklaim bahwa novel tersebut adalah representasi fiktif dari sebuah legenda yang penulis sampaikan oleh neneknya sewaktu kecil.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like: