Algoritma Google Maret 2018 Akan Membuat Situs atau Blog Tenggelam Jika Anda Lakukan Ini!

Di kenal sebagai mesin pencari terbesar di dunia Google terus melakukan update pada Algoritmanya. Hal ini di lakukan untuk memperbaiki kualitas Search Engine di mata penggunanya. Pembaruan ini di lakukan di berbagai algoritma seperti Google Panda, Google Mobile Friendly, Hummingbird, Google EMD Exact Match Domain, Penguin, Pigeon dll.

Sebenarnya saya sendiri bingun tentang update algoritma yang di lakukan Google yang mungkin di lakukan pada awal Maret 2018 kemarin. Karena dampaknya sendiri saya rasakan sejak masuk bulan Maret tersebut.

Sejak itu pengunjung dan pencarian dari berbagai konten di blog ini menurung secara signifikan. Mencoba melakukan pencarian dan memastikan apakah konten dari blog saya ini yang sudah terindeks sebelum masuk bulan Maret masih ada atau tidak?.

Dan benar saja, konten yang sudah masuk pada page 2-3 terlempar ke halaman yang jauh dari perkiraan saya. Ini sangat berat tapi sebagai seorang blogger kita di tuntut untuk melakukan hal-hal yang tidak melanggar kebijakan Google. Nah salah satunya kebijakan pada algoritma terbaru yang di lakukan perusahan tersebut.

Itulah mengapa pada artikel terbaru ini saya beri judul Algoritma Google Maret 2018 Akan Membuat Situs atau Blog Tenggelam Jika Anda Lakukan Ini!. Nah untuk menghindari itu semua pada kesempatan kali ini akan di ulas secara tuntas beserta solusi yang mengatasi algoritma terbaru dari Google.

Seperti yang kita ketahui setiap kali Google melakukan update kebijakan pada algoritma baru mereka. 100% pihaknya tidak akan membocorkan kebijakan-kebijakan baru yang di terapkan. Lalu bagaimana kita mengetahui kebijakan apa saja yang di terapkan Google pada algoritma terbaru mereka pada Maret 2018 ini?.

Meskipun Google tidak membocorkan sedikit pun tentang algoritma baru yang di juluki "Google Fred" ini, tapi kabar baiknya datang dari pakar SEO Barry Schwartz dan Perusahaan Pelacakan Traffik seperti StatCounter dan TechWyse yang telah melakukan analisis dan mempelajari Karakteristik Google Fred.

Algoritma pada Google Fred terbaru ini terbagi menjadi dua bagian yang harus Anda perbaiki jika benar-benar tidak ingin blog atau situs Anda kena dampaknya. Karena jika situs atau blog Anda terkena dampaknya maka pencarian serta pengunjung blog akan terjun bebas.

Lalu apa saja kedua hal tersebut yang harus di perbaiki untuk mengikuti algoritma Google Fred agar tidak terkena dampak buruknya?. Jawabannya sebagai berikut ini.

1. Melakukan Perbaikan pada Link Backlink Mati dan Yang Tidak Relevan

Bagian pertama yang Anda harus lakukan adalah melakukan perbaikan pada Backlink link yang mati. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk mendongkrak artikel lain kita biasanya membuat internal link mengarah ke artikel lain seperti baca juga, lihat juga atau Backlink ke situs luar dengan kata kunjungi situs ini.

Nah algoritma Google Fred yang terbaru tertarget pada artikel seperti itu. Atau artikel yang memiliki link mati atau broken link, rusak atau sudah dihapus artikelnya.

Selain itu target Google Fred juga mengacuh pada link artikel yang tidak relevan atau tidak sesuai jalur pada artikel utama. Contohnya pada artikel ini saya lagi membahas (Google Algoritma) namun menaruh link ke artike yang membahas tentang Resep Masakan, Kesehatan, Wisata. Maka ini lah yang di katakan link yang tidak relevan.

2. Melakukan Perbaikan pada Iklan Adsense

"Jelas, Google Fred bisa berlaku untuk jutaan situs web, namun jutaan situs tidak terpuruk oleh pembaruan Fred. Jadi apa yang terjadi? Nah, bukti tentu saja menunjukkan bahwa situs yang memprioritaskan monetisasi sehingga mengabaikan pengalaman pengguna terkena dampak paling parah. khususnya situs dengan inventaris iklan yang sangat banyak dan konten yang sedikit". Tulis Barry Schwartz pada analisis Algoritma Google Fred Maret 2018, yang saya kutip dari laman Mastimon.com Kamis, 08 Maret 2018.

Dari anlasis diatas yang di lakukan oleh  Barry Schwartz seorang pakar atau ahli SEO telah menunjukkan bahwa Google Fred juga akan tertarget pada blog atau situs yang memprioritaskan monestisasi atau iklan saja.

Artinya dampak dari algoritma baru akan di rasakan pada blog atau situs yang hanya mengutamakan iklan ketimbang konten. Dimana mereka hanya mesang iklan yang banyak tanpa memperhatikan konten atau isi dari blog situs mereka.

Solusi Untuk Algoritma Google Fred

Solusinya sangat simpel, jika Anda benar-benar membaca dengan secara saksama artikel ini dari awal. Tentu Anda akan mengerti solusi terbaik untuk algoritma terbaru dari Google ini. Tapi untuk lebih memastikan ini, saya akan memberikan solusinya berikut ini.
  • Pastikan di setiap artikel Anda tidak terdapat link mati atau broken link.
  • Untuk menghindari dampak dari Google Fred ini usahakan hanya membuat link internal atau artike terkait yang relevan atau sesuai dengan artikel utama.
  • Lakukan penataan ulang penempatan iklan Adsense pada blog atau situs Anda, usahakan tidak mengganggu pengunjung atau pembaca blog.
  • Terus ikuti panduan Google penelusuran yang di anjurkan.
  • Tinggalkan kebiasaan copas atau copy paste artikel lain.
  • Terus update konten blog atau situs Anda dengan konten-konten yang berkualitas dan bermutuh.
Akhir kata semoga artikel ini membantu sahabat Lima Update. Artikel ini referensi dari blog Mas Timon yang berjudul Algoritma google terbaru maret 2018 | Google FRED yang bisa Anda baca lagi jika belum terlalu paham pada penjelasan di artikel ini.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like: