Smartphone Kamu Resmi atau Black Market? Begini Cara Cek dan Membedakannya

LIMAUPDATE.com, Tips Android - Kebutuhan akan komunikasi dan makin maju-nya perkembangan teknologi membuat manusia semakin ketergantungan pada perangkat yang mungil satu ini yakni Smartphone.

Dari tahun ke tahun kecanggihan teknologi serta fitur-fitur unik yang ada pada smartphone membuat sebagian orang kecanduan akan perangkat satu ini.

Tak heran jika banyak pedagang atau pengecer yang memilih menjual smartphone hingga ke peralatan lainnya yang di butuhkan oleh pengguna serta perangkat ini karena peluang menghasilkan pundi-pundi rupiah sangat besar.

Untuk membeli dan memilih smartphone kesukaan kita pun tidaklah terlalu sulit. Karena pedagang atau pengecer Smartphone mudah kita temui di kota-kota kecil bahkan di daerah-daerah kecil sekalipun.

Namun, yang menjadi masalah adalah apakah smartphone yang hendak di beli itu resmi atau black market (BM) / ilegal?.

Smartphone BM atau ilegal sendiri merugikan pengguna atau pemiliknya.  Bagaimana tidak semartphone yang tidak tersertifikasi alias ilegal bakal sulit untuk menyervisnya, dan ujung-ujungnya pengguna atau pemiliknyalah yang paling di rugikan.

Untuk itu Anda sebagai konsumen atau pembeli harus pandai memilah smartphone mana yang resmi dan mana yang ilegal atau BM. Nah cara cek dan membedakan smartphone  resmi dan ilegal adalah sebagai berikut ini.

Cara Membedakan Smartphone Resmi dan Black Market atau Ilegal :

Sebetulnya caranya cukup mudah, karena Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sudah membeberkan cara mengecek dan membedakan smartphone resmi dan ilegal melalui akun Twitter resmi miliknya. Caranya sendiri sebagai berikut.


  • Pastikan kemasan pada smartphone terdapat label yang memuat sertifikasi seperti ini (12345)/SDPPI/Tahun.
  • Jika label sertifikasi itu ada pada kesam, dan untuk lebih memastikannya lagi Anda bisa cek di sertifikasi.postel.go.id.
Jika label yang di tunjukan pada kemasan dan di situs sertifikasi sesuai itu artinya smartphone kamu legal atau resmi di gunakan di negara tercinta ini Indonesia.

Bagaiman cara membedakan smartphone resmi dan ilegal sangat mudah bukan?. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita lebih tau lagi mana smartphone resmi dan tidak.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like: